Salsabilla Aprilya dan Alifia Puspa
Abstrak
Perkembangan teknologi membawa dampak yang sangat besar terhadap kehidupan sehari–hari, termasuk kepada anak-anak. Salah satu fenomena yang banyak ditemukan saat ini adalah meningkatnya penggunaan gawai (handpone) di semua kalangan termasuk dikalangan teman-teman SAI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alasan dibalik ketertarikan temen- temen di SAI terhadap gawai dan mengetahui apa saja yang biasa teman-teman akses ketika menggunakan gawai. Penelitian ini menggunakan metode menyebar angket berupa kuisioner menggunakan google form lalu diolah secara sederhana dan disajikan dalam bentuk diagram. Dari hasil kuesioner yang sudah dibagikan, bisa disimpulkan bahwa kebanyakan teman-teman menggunakan gawai setiap hari, baik saat hari sekolah (weekday) maupun saat akhir pekan (weekend). Saat hari sekolah (weekday) sebagian besar teman-teman memakai gawai selama 1-2 jam. Saat akhir pekan atau weekend, teman-teman cenderung menggunakan gawai dalam waktu yang lebih lama. Persentase yang paling banyak adalah teman-teman yang memakai gawai selama 3-4 jam. Untuk aplikasi yang sering digunakan, ternyata aplikasi game adalah yang paling banyak digunakan. Jadi dapat disimpulkan bahwa teman-teman lebih sering menggunakan gawai untuk bermain game dan hiburan dibandingkan belajar.
Kata kunci : teknologi, gawai, aplikasi, game