Qayla Adzkiya Az Zahra dan Haniyah Khoiriyah
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui preferensi siswa Sekolah Alam Indonesia (SAI) Studio Alam terhadap produk es krim yang tidak terafiliasi dengan Israel. Latar belakang penelitian ini muncul karena adanya kesadaran sosial untuk tidak mengonsumsi produk yang mendukung Israel, terutama setelah meningkatnya isu kemanusiaan di Palestina. Metode penelitian yang digunakan adalah survei kuantitatif dengan penyebaran kuesioner kepada siswa kelas 4, 5, dan 6. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa mengetahui tentang afiliasi produk dengan Israel dan memilih untuk beralih ke merek es krim lain yang dianggap lebih aman serta tidak mendukung Israel. Penelitian ini diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran sejak dini terhadap pentingnya memilih produk secara bijak dan beretika.
Kata kunci : es krim, afiliasi, Israel, dan preferensi siswa.