Muhammad Syafiq Akmal Iskandar dan Iwan Maulana
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan lingkungan dan kesadaran lingkungan dengan kemampuan memilah sampah pada siswa kelas 5 dan kelas 6 di Sekolah Alam Indonesia Studio Alam. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pentingnya Pendidikan dan pengetahuan lingkungan sejak dini untuk membentuk perilaku ramah lingkungan dan mendukung upaya pemilahan sampah berdasarkan jenisnya di lingkungan sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah observasi dengan melakukan pengamatan dan wawancara narasumber untuk mendapatkan data penelitian di lingkungan SAI Studio Alam terhadap siswa SD5 dan SD6. Selanjutnya data disajikan dalam bentuk diagram dan dianalisis secara deskriptif. Hasil analisa menunjukan bahwa tidak diperoleh hubungan yang signifikan antara pengetahuan pengelolaan sampah dengan perilaku bertanggung jawab siswa – siswi SD5 & SD6 dalam menjaga kebersihan di sekolah melalui pemilahan pembuangan sampah dengan baik sesuai jenisnya. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi pengetahuan dan kesadaran lingkungan yang dimiliki siswa, tidak selalu menunjukan semakin baik pula kemampuan mereka dalam memilah sampah.
Kata kunci : pengetahuan lingkungan, kesadaran lingkungan, kemampuan memilah sampah, siswa sekolah dasar