Farukh Alfath Muhammad dan Intan Pandini
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan Roblox terhadap perilaku anak Sekolah Dasar, khususnya siswa kelas 6 Savana Sekolah Alam Indonesia Studal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner daring kepada 22 responden. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa 95,5% siswa bermain Roblox, dan sebagian besar (81,8%) telah bermain selama lebih dari satu tahun. Temuan ini menunjukkan bahwa Roblox telah menjadi bagian dari aktivitas keseharian anak-anak. Dari hasil penelitian, Roblox memberikan sejumlah dampak positif terhadap perkembangan anak, antara lain meningkatkan kreativitas, logika berpikir, kemampuan pemecahan masalah, keterampilan sosial, serta literasi digital. Melalui fitur Roblox, beberapa anak juga mulai mengenal dasar-dasar pemrograman. Penelitian ini juga menemukan dampak negatif seperti kecanduan bermain, menurunnya aktivitas fisik, gangguan emosi seperti mudah marah atau frustrasi, serta risiko interaksi online yang tidak aman. Secara keseluruhan, Roblox memiliki pengaruh yang cukup signifikan terhadap perilaku dan perkembangan anak SD. Jika digunakan dengan pengawasan dan batas waktu yang tepat, permainan ini dapat menjadi sarana edukatif yang mendorong kreativitas dan kemampuan sosial anak. Namun, tanpa pengawasan, Roblox juga berpotensi menimbulkan perilaku negatif yang dapat menghambat perkembangan anak secara optimal.
Kata kunci : Roblox, perilaku anak, kreativitas, keterampilan sosial, kecanduan bermain