Aletta Hazna Kinanti dan Alza Ridha Rulya
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penerapan aturan screen time oleh orang tua terhadap perilaku siswa kelas 6 SAVANA di Sekolah Alam Indonesia Studio Alam. Penelitian menggunakan metode kuantitatif melalui penyebaran kuesioner online kepada responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak yang mendapatkan aturan screen time yang jelas dan konsisten cenderung memiliki perilaku yang lebih positif, seperti disiplin, fokus belajar, serta mampu berinteraksi sosial dengan baik. Sementara itu, anak yang tidak memiliki batasan screen time berisiko menunjukkan perilaku kurang baik, seperti mudah marah, sulit berkonsentrasi, dan minim interaksi sosial. Dengan demikian, penerapan aturan screen time yang tepat dan didukung oleh pengawasan orang tua sangat berpengaruh dalam membentuk perilaku anak secara positif.
Kata kunci : screen time, orang tua, perilaku anak