Muhammad Aufa Qorisu Ahsan dan Rhanita Fauzyah
Abstrak
Permainan game online yang menarik dan seru menyebabkan anak-anak kecanduan game online, lupa belajar dan tidak semangat untuk belajar serta waktunya habis untuk main game online. Hal ini yang membuat saya tertarik untuk meneliti apakah game online memiliki pengaruh terhadap minat belajar siswa sd 6 top sai studal. Penelitian bertujuan untuk mengetahui tingkat game online siswa SD 6 SAI STUDAL serta memperolah gambaran hasil belajar anak SD 6 SAI STUDAL. Penelitian dilakukan dengan metodologi yakni dengan membagikan kuesioner kepada siswa siswi SD 6 TOP SAI STUDAL melalui google form yang kemudian hasil kuesioner tersebut dianalisis dan disajikan dalam bentuk diagram. Berdasarkan hasil kuesioner yang disebarkan terdapat 21 tesponder yang telah mengisi kuesioner dari data diatas penilitian mengambil hasil penilitian kuesioner ya diisi oleh siswa SD 6 TOP. Kebanyakan dari siswa SD 6 TOP sudah memiliki gadget sendiri, rata-rata siswa bermain beragam game online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa bermain game sekitar 30 menit – 2 jam. Kegiatan ini dilakukan kisaran jam pulang sekolah hingga malam hari. Menurut peneliti, game online itu berpengaruh pada minat belajar siswa SD6 TOP. Game online memiliki dampak negatif dan positif tergantung dari bijak atau tidaknya pengguna game online itu sendiri. Peneliti menyukai game online untuk semakin bersemangat untuk melakukan sesuatu, dan mengajak diri untuk lebih bisa mengatur waktu. Kesimpulan yang di dapat adalah game online dapat mempengaruhi minat belajar jika tidak bijak dalam penggunaanya
Kata kunci: game online, minat belajar