Ilham Fauzaani Andriarso dan Irvan Rachmadani
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepedulian siswa-siswi SD 6 TOP SAI Studal dan pengaruhnya dalam proses belajar di lingkungan Sekolah Alam Indonesia. Penelitian ini adalah jenis penelitian dengan metode survey yang melibatkan siswa-siswi SD 6 TOP SAI Studal dengan diperkuat studi kepustakaan membahas teori-teori terkait dengan judul dan dokumentasi. Responden dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi SD 6 TOP SAI Studal yang berjumlah 34 siswa (dalam hal ini penulis tidak dihitung sebagai responden). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah 1) menyebarkan kuesioner 2) dokumentasi. Responden akan diberikan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan lingkungan belajar, termasuk di dalamnya adalah perasaan yang dialami oleh siswa-siswi SD 6 TOP SAI Studal dalam belajar pada lingkungan belajar saat ini. Sedangkan untuk memperkuat hasil penelitian, penulis melakukan kajian Pustaka melalui buku, jurnal ilmiah, ensiklopedia dan dokumen yang diperoleh secara online. Disamping itu, penulis melengkapi penelitian dengan melakukan pendokumentasian ruang belajar termasuk lingkungan sekitarnya untuk memberikan kesan bagi pembaca bahwa apakah terdapat hubungan prestasi belajar siswa-siswi SD 6 TOP SAI Studal dengan lingkungan belajarnya saat ini. Hasil penelitian menemukan bahwa lingkungan belajar memberikan pengaruh terhadap perilaku belajar siswa di kelas maupun di sekolah. Lingkungan belajar yang menyenangkan akan menampakkan siswa yang aktif, bersemangat dan antusias ketika pembelajaran. Sedangkan lingkungan belajar yang kurang menyenangkan akan cenderung menampakkan siswa yang kurang aktif dalam proses belajar dan menunjukkan perilaku belajar yang kurang baik.
Kata Kunci : kepedulian, lingkungan belajar, perilaku belajar