Fathan Abqary Widagdo dan Ridwan Abdul Gani
Abstrak
Penggunaan gadget terus meningkat mulai dari anak-anak, remaja, sampai orang dewasa banyak menggunakannya. Selain berbagai kemudahan yang ditawarkan, penggunaan gadget juga memiliki dampak negatif. Anak-anak yang masih sekolah dan sudah menggunakan gadget pasti akan merasakan efeknya. Salah satu dampak yang perlu diperhatikan adalah pada konsentrasi dan fokus belajar siswa. Oleh karena itu, semua orang tua harus memahami bahwa perangkat gadget berdampak pada konsentrasi dan fokus belajar siswa. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh durasi penggunaan gadget di rumah pada fokus belajar siswa. Untuk menginvestigasi hal ini, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode pengambilan data melalui kuesioner online dengan sampel berupa 33 siswa SD 6 TOP. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh durasi penggunaan gadget pada fokus belajar siswa dimana siswa yang hanya menggunakan gadget kurang dari 1 jam berpotensi memiliki fokus belajar yang lebih tinggi dari siswa yang menggunakan gadget lebih dari 1 jam. Temuan ini menegaskan pentingnya pembatasan penggunaan gadget untuk meningkatkan fokus belajar siswa.
Kata Kunci : Penggunaan Gadget, Fokus Belajar, Siswa